Asbes Potensi Picu Kanker Paru-Paru

Diposting oleh Unknown on Selasa, 22 Mei 2012


detail berita
Kanker paru-paru memang bisa dialami kaum pria dan wanita. Penyebab kanker ini adalah kebiasaan merokok dan faktor lain seperti genetik dan lingkungan.

Faktor lingkungan yang bisa memicu pembentukan sel kanker adalah gaya hidup tak sehat, makan tak seimbang banyak lemak dan kurang serat, serta polusi udara di daerah lingkungan sekitar.

"Penyabab kanker paru-paru multifaktor, tidak bisa karena satu penyebab saja. Ada yang merokoknya sangat sering bertahun-tahun, tapi tidak mengidap kanker paru-paru. Mungkin dia memang tidak ada bakat kanker, tidak ada faktor genetik. Tetapi ada yang sudah bakat, tidak merokok, gaya hidup sehat, tapi bisa jadi karena lingkungan sekitarnya yang kurang sehat," tutur dr Ronald Hukom SpPD-KHOM, spesialis kanker pada orang dewasa dari RS Kanker Dharmais saat dihubungi Okezone melalui telepon genggamnya, Rabu (02/05/2012).

Asbes yang merupakan benda bangunan di rumah atau terdapat di lingkungan kerja pun berpotensi memicu penyakit pada paru-paru dan kanker.

"Menurut studi epidiomologi, biasanya langit-langit yang menggunakan bahan dari asbes, terlebih jika Anda seorang perokok, risiko kanker paru meningkat," jelasnya.

Asbestosis adalah penyakit paru yang disebabkan banyaknya zat asbes yang terhirup paru-paru, sehingga menyebabkan kerusakan berat. Pada beberapa kasus asbestosis dapat terjadi kanker paru-paru. (Okezone.com)

Semoga bermanfaat buat kawan-kawan sekalian. Salam galau blogs

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar