Apa itu Karang Gigi dan Cara Mencegahnya

Diposting oleh Unknown on Senin, 21 Mei 2012

Selamat pagi kawan-kawan semua, pada kesempatan kali ini galau blogs akan share Apa itu Karang Gigi dan Cara Mencegahnya. karena kemarin sobat Fahmi Setiawan merequest artikel ini di postingan saya yang berjudul Beberapa Makanan yang Membuat Gigi Putih. sebelum ke tips pencegahannya kita perlu tahu apa itu Karang Gigi. Karang gigi merupakan kotoran dari sisa-sisa makanan yang dicerna oleh kuman lama-kelamaan akhirnya mengeras dan timbulah plak. Hal ini disebabkan dari kurangnya kebersihan gigi dan karena di dalam mulut terdapat 350 jenis kuman yang ada. Untuk itu supaya tidak terlanjur menjadi plak, upayakan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut selalu.


Akan tetapi bagi anda yang sudah terkena karang gigi dan ingin menghilangkannya sebaiknya jangan dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan alat atau obat yang tidak jelas. Hal tersebut dapat mengakibatkan gusi berdarah atau lain sebagainya. Untuk cara aman dan efektif serta cepat, sebaiknya anda datang ke dokter gigi terdekat. Sebab dokter gigi akan mengambil cara dengan prosedur yang aman untuk membersihkan karang pada gigi anda tersebut.

Jika anda membersihkannya dengan cara yang salah, maka mungkin akan memperparah keadaan karang gigi tersebut. Yang tadinya baik-baik saja, mungkin akan terasa sakit bila anda menggunakan cara yang salah. Upayakan jangan menggunakan benda tajam saat membersihkan karang gigi tersebut. Sebab bukan karangnya yang hilang, malah email gigi anda akan terkikis dan dapat berakibat infeksi. Jika anda belum terkena karang gigi, sebaiknya utamakan untuk pencegahan karena lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Berikut adalah tips cara mencegah karang gigi :
  • Rajin gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur.
  • Rajin minum air putih yang bersih yang sudah matang atau air putih dalam kemasan.
  • Rajin membersihkan bekas sisa makanan yang ada di pojok dan sela-sela gigi dengan benang gigi.
  • Rajin kumur-kumur dengan cairan pembersih mulut/dental floss yang bisa mencegah plak karang gigi.
  • Rajin makan buah dan atau sayur karena seratnya dapat membantu menghilangkan sisa makanan di gigi dan gusi kita.

Semoga bermanfaat buat kawan-kawan semua. Salam galau blogs.


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar