Etika saat Menggunakan Ponsel

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 02 Juni 2012


Ponsel atau HP memungkinkan kita berkomunikasi dgn mudah. Selain itu, ponsel masa kini, seperti smartphone telah memiliki berbagai fitur yang bermanfaat. Maka penggunaan ponsel secara tepat akan memiliki banyak manfaat positif. Namun, mengingat banyak jg dampak negatif yang bisa disebabkan penggunaan ponsel, berikut ini beberapa hal yang harus di perhatikan sewaktu menggunakan ponsel.

Jika sampai mengganggu orang lain, misalnya dalam tempat ibadat, gedung bioskop, ruang kelas, gedung konser, dan lainnya-maka hindari menggunakan ponsel di tempat seperti itu. Agan juga bisa mengatur mode senyap pada ponsel Agan sehingga tidak mengganggu orang lain. Bahkan jika perlu, matikan saja ponsel Agan.

Hindari berbicara dgn suara terlalu keras
, khususnya jika Agan berada di tempat umum (public area). Hal ini akan menarik perhatian orang-orang pada diri Agan dan bisa menimbulkan gangguan bagi beberapa orang. Selain itu, mikropon dalam ponsel mampu menangkap suara yang lembut sekalipun, sehingga tidaklah perlu berteriak atau bersuara keras saat menggunakan ponsel Agan.

Jangan membicarakan hal pribadi di tempat yang banyak orang, misalnya saat berada di ruang rapat, ruang kerja yang digunakan bersama-sama, atau bahkan di tempat umum seperti di dalam bus, kereta api, halte, dan lainnya. Jika Agan harus segera menyelesaikan pembicaraan tersebut, bicaralah secara singkat dan telepon kembali segera setelah Agan keluar ruangan lalu lanjutkan pembicaraan pribadi tersebut.

Jaga jarak minimal 3 meter dgn orang lain. Jika Agan sedang berbicara menggunakan telepon sambil berdiri atau berada di dekat orang lain, akan membuat orang lain mau tidak mau mendengarkan urusan pribadi Agan. Bisa-bisa hal menjadi rahasia Agan akan ketahuan sama orang lain, maka itu akan membuat semua menjadi kacau.

Hindari ponsel Agan mengganggu percakapan. Umumnya saat ponsel berbunyi, seseorang akan mengatakan: "Maaf, ane terima telepon dulu." Hal ini kurang menunjukkan etika dan respek terhadap lawan bicara yang sedang berhadapan langsung dgn Agan. Namun, dalam kasus khusus, menerima panggilan telepon saat sedang berbicara dgn orang lain bisa dilakukan jika memang benar-benar perlu untuk menerima panggilan telepon. Hal yang sama jg berlaku saat Agan mengetik SMS. Hindari mengetik SMS sambil berbicara dgn orang lain.

Semoga bermanfaat :)


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar