Bahaya Merokok bagi Kesehatan

Diposting oleh Unknown on Senin, 04 Juni 2012



Sebagaimana telah banyak diinformasikan bahwa merokok dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Dalam situs bahayamerokok.net diinformasikan bahwa merokok dapat meningkatkan kecenderungan untuk terkena masuk angin dan flu. Dan dari hasil riset disebutkan bahwa perokok aktif, akan lebih mudah masuk angin, terkena bronchitis dan flu.

Lebih bahaya lagi, merokok menyebabkan kanker, penyakit jantung, stroke dan meningkatkan kolesterol. Merokok memberikan pengaruh secara langsung karena pembuluh darah membangun jaringan lemak lebih cepat disekitarnya. Sehingga arteri tidak akan cukup cepat untuk memompa darah yang bisa mendukung kebutuhan alami jantung. Akibatnya terjadi pembekuan darah, merusak pembuluh darah dan pada akhirnya menyebabkan penyumbatan yang bisa berakhir dengan stroke bahkan kematian.

Tidak hanya orang dewasa, merokok juga mengancam kesehatan balita atau bayi Anda. Merokok selama masa hamil dapat berakibat pada gangguan dan kelainan pada janin. Para ahli menemukan bayi yang ibunya merokok selama kehamilan lahir dengan saluran udara yang lebih kecil. Ini membuat mereka lebih rentan terhadap masalah pernapasan setelah lahir. Masalah-masalah pernapasan dapat menempatkan bayi pada resiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak.

Bahaya merokok saat kehamilan memang dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan pada bayi. Ibu yang merokok beresiko memiliki bayi lahir mati, keguguran atau bayi prematur. Merokok saat hamil akan menurunkan jumlah oksigen yang tersedia bagi ibu dan bayi yang dikandung. Akibatnya denyut jantung bayi akan meningkat yang beresiko meningkatkan kelahiran prematur dan kematian.

Masalahnya adalah, bahaya merokok tidak hanya dirasakan oleh si perokok saja (perokok aktif) tetapi orang-orang yang ada di sekitarnyapun (perokok pasif) ikut terdampak dari bahaya merokok tersebut. Kalau perokok aktif beresiko terkena penyakit jantung maka perokok pasifpun sama halnya. Demikian juga penyakit-penyakit lain, tidak hanya beresiko bagi perokok aktif tetapi juga bagi perokok pasif.

Semoga bermanfaat, salam galau blogs

Referensi :: dari berbagai sumber



{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar